11

BANDUNG ICT EXPO 2015

           Telkom University (Tel-U) menggelar Bandung ICT Expo, pada 10-12 September 2015 di Convention Hall, Bandung Technoplex, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan merangkul para stakeholder di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diharapkan bisa mendorong komunitas IT bersinergi memacu perkembangan industri di Tanah air.

              Sejumlah perusahaan hadir dan turut meramaikan Bandung ICT Expo, seperti TelkomGroup dan perusahaan yang bergerak di sektor TIK lainnya. CEO TelkomGroup Alex J Sinaga mengungkapkan apresiasi atas terselenggaranya Bandung ICT Expo dan berharap perhelatan ini dapat menjadi rujukan bagi para stakeholder di industri TIK.

                Sejumlah acara akan diselenggarakan dalam tiga hari kedepan. Di antaranya penyerahan penghargaan Indonesia Best e-Mark Award 2015, diskusi panel, sharing forum, presentasi produk dan talkshow, serta edutalk show.

V

 

 

1. TOWER BERSAMA GROUP

 TOWERBERSAMA GRUOP

      Sejak berdirinya PT United Towerindo pada tahun 2003, perusahaan kami terus mengembangkan solusi infrastruktur telekomunikasi dan perluasan portfolio infrastrukturnya melalui build-to-suit dan akuisisi tower-tower eksisting maupun perusahaan-perusahaan tower telekomunikasi.

       Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Tower Bersama Group adalah PT Tower Bersama, PT United Towerindo, PT Telenet Internusa, PT Batavia Towerindo, PT Bali Telekom, PT Prima Media Selaras dan PT Triaka Bersama. Masing-masing perusahaan tersebut dikelola secara langsung oleh satu manajemen, manajemen Tower Bersama Group. Saat ini infrastruktur kami telah menjangkau pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Batam. Kami juga tengah memperluas jangkauan layanan ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

          Kami berupaya untuk terus berinovasi melalui pemanfaatan teknologi terbaru dalam industri telekomunikasi guna meningkatkan kualitas solusi-solusi layanan bagi pelanggan kami. Komitmen kami kepada pelanggan adalah untuk menyediakan solusi tower maupun DAS yang responsif, lengkap dan dapat diandalkan untuk kebutuhan ekspansi jaringan para pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.

  1. Lingkup Kerja

           Guna memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal penggelaran jaringan, perluasan jangkauan maupun peningkatan kapasitas jaringan, kami menyediakan skema layanan build-to-suit dan collocation. Disesuaikan dengan kebutuhan tersebut kami memfokuskan pembangunan infrastruktur di area pusat kota, bisnis, perumahan dan pembangunan tempat tinggal, dan juga jalan-jalan utama di Jawa, Bali, Sumatera, dan Batam. Kami juga memperluas infrastruktur tower dan DAS ke Kalimantan dan Sulawesi.

Lingkup pelayanan dan kegiatan kami meliputi :

  • perencanaan jaringan.
  • akuisisi lahan dan perijinan.
  • desain infrastruktur dan konstruksi.
  • instalasi jaringan dan manajemen proyek untuk tower telekomunikasi dan DAS (Distributed Antenna System).
  • program perluasan dan penggelaran jaringan.
  • pengoperasian dan pemeliharaan site selama masa penyewaan infrastruktur.

Tower Bersama Group telah membangun kerjasama dan hubungan yang baik dengan berbagai PEMDA (Kabupaten/Kota) guna menjamin kelangsungan layanan yang terbaik bagi pelanggan kami dan pemenuhan persyaratan peraturan nasional maupun daerah, terutama sehubungan dengan pelaksanaan konsep pembangunan “menara bersama”.

 

2. HUAWEI

 20150910_151454__1442419300_103.233.100.3

         Huawei Consumer Business Group (BG) adalah salah satu dari tiga kelompok usaha Huawei, menyediakan serangkaian produk termasuk telepon bergerak, perangkat mobile broadband (MBB) dan perangkat rumah. Satu dekade setelah didirikan pada tahun 2003, Huawei Consumer BG berperingkat ketiga dalam pengiriman smartphone global di tahun 2013 menurut [IDC, SA, Gartnermasukkan perusahaan-perusahaan analis], dan pertama untuk pengiriman global perangkat MBB dari [masukkan rentang waktu2006] oleh [masukkan perusahaan-perusahaan analisABI]. Di tahun 2014, Huawei menjadi merek Tiongkok daratan pertama yang menduduki peringkat dalam Interbrand’s Annual Top 100 Best Global Brands Report.

         Sejak akhir tahun 2014, produk-produk dan layanan-layanan Huawei telah disebar di lebih dari 170 negara, melayani lebih dari sepertiga penduduk dunia. Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman bisnis di bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT), jaringan global yang luas, operasi dan mitra bisnis global yang luas, Huawei Consumer BG terdedikasikan untuk mempersembahkan teknologi tercanggih kepada konsumen, menawarkan banyak sekali kemungkinan, menciptakan pengalaman yang menakjubkan dan mewujudkan mimpi-mimpi untuk semua orang dimana-mana.

            Huawei telah mendirikan 16 pusat Litbang di seluruh dunia di negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Swedia, Inggris, Perancis, Jepang, Rusia, India, dan Tiongkok. Huawei memiliki lebih dari 7.000 karyawan yang fokus pada Litbang untuk produk konsumen dan solusi, terdiri atas lebih dari 50% dari jumlah tenaga kerja Huawei Consumer BG. Dengan fokus dan investasi yang kontinu untuk teknologi mutakhir konsumen, prasarana, algoritma dan standar, serta mendongkrak kemampuan memimpin Huawei dalam jaringan nirkabel dan chipset 4G dan 5G, Huawei Consumer BG akan terus mengejar inovasi dalam struktur produk, desain, audio, video, kamera, antarmuka, konektivitas dan usia batere. Huawei Consumer BG berkomitment untuk mewujudkan teknologi inovatif menjadi kenyataan sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk para konsumen.

            Sejak 31 Agustus 2014, Huawei telah mengajukan 12.000 paten penciptaan yang terkait dengan Consumer BG dan 1.000 permohonan paten desain. Dari permohonan yang dikabulkan, 1.600 paten adalah di Tiongkok dan lebih dari 500 paten di luar negeri seperti di AS dan negara-negara Eropa. Saat ini, jumlah permohonan paten Huawei Consumer BG tumbuh secara mantap, dengan perkiraan peningkatan sebesar 1.300 permohonan paten setiap tahunnya (sama dengan sekitar 700 di Tiongkok dan 600 di luar negeri).

           Huawei secara aktif berpartisipasi dalam organisasi-organisasi standar terkemuka di Tiongkok dan luar negeri termasuk IEEE, IETF, 3GPP, GSMA, ETSI, WFA, BBF, NFC Forum, oneM2M, DLNA, UPnP, dan CCSA, memegang lebih dari 10 jabatan sebagai Ketua dan Wakil Ketua, dan pelopor pada organisasi-organisasi standar. Lebih dari 700 makalah diterima oleh organisasi tersebut setiap tahunnya.

           Huawei menghormati hak atas kekayaan intelektual dari pihak-pihak lain, dan berkomitmen untuk melindungi miliknya. Pada akhir tahun 2013, Huawei telah menandatangani serangkaian perjanjian perizinan silang dengan industri-industri mitra di bidang usaha telekomunikasi dan konsumen. Huawei menanamkan modalnya sekitar 10% dari total penjualan tahunannya untuk Litbang. Sejak akhir Juni 2014, Huawei telah mengajukan lebih dari 65.000 permohonan paten di Tiongkok, AS, dan Eropa.

 

3. ZTE

G

           ZTE Corporation adalah sebuah perusahaan penyedia alat telekomunikasi dan solusi jaringan yang terkemuka di dunia. Perusahaan ini telah bergerak di 160 negara, dan perusahaan ini merupakan pemimpin dalam penemuan teknologi, menyampaikan produk yang superior dan solusi bisnis untuk para klien di seluruh penjuru dunia. Ditemukan di tahun 1985, ZTE terdaftar dalam bursa saham Hongkong dan Shenzhen dan terdaftar sebagai perusahaan perangkat telekomunikasi terbesar di Tiongkok.

          Menawarkan jenis produk yang paling luas dan mutakhir di dalam industrinya, ZTE menyampaikan teknologi canggih untuk klien telekomunikasi dalam sistem nirkabel, access & bearer, value-added service, terminals, managed network services, dan solusi ICT kepada perusahaan – perusahaan dan agen-agen pemerintah. Keahlian dan fleksibilitas perusahaan di dalam bidang ini membuat operator telekomunikasi dan perusahaan-perusahaan yang mendunia untuk mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan daya saing. Teknologi ZTE tersebar dari operator internasional yang terkemuka dan perusahaan global  yang masuk ke dalam Fortune-500. Sebagai perusahaan pembuat handset terbesar ke empat di dunia, dengan menawarkan perangkat yang stylish dan pintar untuk konsumer di seluruh dunia.

            ZTE percaya pada teknologi inovasi sebagai nilai inti dari sebuah perusahaan, perusahaan  menginvestasi lebih dari 10% dari pendapatan tahunan kepada R&D. Perusahaan ini telah mendirikan 18 peresmian seni  senter R&D di China, Perancis, India, dan mempekerjakan lebih dari 30,000 ahli riset. Dengan 107 cabang yang berdedikasi pada inovasi secara global, ZTE merupakan pencipta setiap paten teknologi terbesar di dunia dalam kurun waktu dua tahun menurut data dari Organisasi Intelektual Properti Dunia.

             Sebagai anggota dari dari UN Global Compact, ZTE berkomitmen untuk melakukan keseimbangan pandangan, pembangunan berkelanjutan di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi. Mempromosikan kebebasan dalam berkomunikasi di seluruh dunia, perusahaan ini telah tergabung dalam inovasi, konvergensi teknologi dan konsep “going green: ke dalam siklus hidup produk. Ini mencakup R&D, produksi, logistik dan layanan konsumen. Perusahaan juga berkomitmen untuk memaksimalkan efisiensi energi dan meminimalisir emisi CO2.

1441882765081

             Aktif dalam program komunitas, ZTE berpartisipasi dalam usaha peringanan yang berhubungan dengan tsunami di Indonesia pada tahun 2004, gempa bumi di Sichuan, Tiongkok pada tahun 2008, dan gempa bumi di Haiti pada tahun 2010. ZTE juga mendirikan Dana anak dengan kebutuhan spesial ZTE, yang merupakan dana amal terbesar di Tiongkok.

               Kedepannya, ZTE akan terus membentuk industri telekomunikasi global, bekerja dengan konsumer dan partner- partner kami untuk tetap berada di atas dalam pergeseran teknologi, model bisnis, dan kebutuhan market.

 

 

4. ADMEDIKA

1441882757408

                 PT Administrasi Medika atau lebih dikenal dengan AdMedika, didirikan pada tahun 2002 dan bergabung dengan Telkom Group pada tahun 2010 di bawah anak perusahaan holding Telkom Indonesia, PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra). Sebagai bagian dari Telkom Group, AdMedika didukung penuh oleh Telkom Indonesia dan anak-anak perusahaannya dengan sinergi dan kolaborasi yang optimal melalui Telkom Group Shared Solution untuk selalu memberikan solusi dan pelayanan terbaik untuk mitra dan klien kami.

                 AdMedika melayani jutaan anggota dengan berbagai layanan yang komprehensif yang mencakup layanan manajemen Klaim Kesehatan, Manajemen Risiko Kesehatan (Health Risk Management), Sistem Informasi Kesehatan dan layanan Bantuan Darurat. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, layanan kami selalu didukung dengan teknologi terkini. Infrastruktur jaringan EDC AdMedika mencakup ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia dan negara-negara tetangga. Klien AdMedika terdiri dari perusahaan asuransi di Indonesia, perusahaan dengan pengelolaan kesehatan karyawan mandiri (self-healthcare-managed), perusahaan TPA dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

 

5. INHAND INDONESIA

1441882747756

               Didirikan pada tahun 2001, InHand Networks dikhususkan untuk penelitian dan pengembangan teknologi M2M. InHand Networks menyediakan produk M2M yang lengkap dan solusi untuk pelanggan perusahaan di seluruh dunia termasuk General Electric, Cina State Grid, SKF, Schneider Electric dan Siemens.

               Portofolio produk InHand meliputi router industri selular, jaringan sensor nirkabel, switch Ethernet industri, M2M platform perangkat lunak, gateway intelligent dan sistem pemantauan listrik. M2M dukungan platform awan akses perangkat dan data agregasi, menyediakan pelanggan dengan analisis data real-time dan optimasi.

               InHand Networks telah menjadi pemimpin dalam routing dan keamanan data, teknologi sensor nirkabel, sistem jaringan operasi (INOS), teknologi Cincin Ethernet industri dan distribusi listrik pemantauan inovatif.

               InHand Networks menyajikan berbagai industri termasuk grid cerdas, otomasi industri, transportasi unggul, jasa keuangan, vending & ATM, kesehatan, dll.

               Produk InHand adalah CCC, CE, FCC, UL, IC, RCM, PTCRB bersertifikat. InHand Networks telah sangat diakui oleh lembaga bisnis terkenal. InHand Networks diberikan sebagai Deloitte Cina Teknologi Cepat 50 Pemenang pada tahun 2007, 2008, 2009 dan 2012, Red Herring Asia 200 dan Asia 100 di masing-masing tahun 2007 dan 2008. InHand Networks juga menjadi Rockwell Automation Encompass Produk Rekanan di Asia-Pasifik dan Schneider Electric CAPP Teknologi Mitra pada tahun 2012.

               InHand Networks dianugerahi sebagai perusahaan teknologi tinggi oleh Beijing Municipal Sains & Teknologi Komisi, Kota Beijing Biro Keuangan, Beijing Municipal Administrasi Negara Pajak dan Beijing Lokal Perpajakan Biro pada tanggal 14 September 2011. Dengan sejumlah paten dan hak cipta perangkat lunak komputer, InHand Networks dipersenjatai dengan unggul R & D dan kemampuan inovasi independen.

 

6. DATACOMM CLOUD BUSINESS

1441882760532

               Datacomm Cloud Bisnis adalah sebuah divisi usaha PT. Datacomm Diangraha berfokus pada kesempatan cloud di Indonesia.

         Kami percaya bahwa Kecil dan Menengah (UKM), tulang punggung perekonomian Indonesia, kurang dalam investasi TI. Teknologi Cloud Computing adalah membuka kemungkinan bagi UKM untuk memulai investasi di IT, terutama dalam mobilitas untuk meningkatkan efisiensi, daya saing dan diferensiasi, serta melalui media sosial untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Pasar ini adalah mesin pertumbuhan tertinggi untuk industri TI di Indonesia.

             Datacomm memiliki komitmen jangka panjang untuk mendorong adopsi pasar Indonesia dari Cloud Computing karena kami percaya bahwa teknologi lebih lanjut akan bahan bakar ekspansi ekonomi Indonesia.

 

7. PT SIDO AGUNG MANDIRI

1441882738695

           Sido Agung Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang General Kontraktor & Supplier Kabel. Berdiri sejak tahun 2009 kemudian mengembangkan usaha di bidang Hygiene Service. Kami memiliki layanan yang saling melengkapi di bidang HOUSEKEEPING SERVICE. Dengan pengalaman pelayanan dan sumber daya manusia yang kami miliki, kami yakin Perusahaan Anda tidak perlu pusing lagi untuk mengurus berbagai bidang dibawah ini.

a). Hygiene and Sanitation

Untuk menjaga standard hygiene yang tinggi di area kerja, public area dan toilet, kami memberikan solusi yang tepat. Pelayanan sudah termasuk didalamnya adalah biaya pemasangan, pengisian kembali, sewa tahunan, dan perawatan baik berkala maupun panggilan karena kerusakan.

 

b). Commercial Cleaning

             Kami melakukan pengembangan terus menerus dengan pelatihan baik dikelas maupun diarea. Service operator yang akan bekerja ditempat anda telah kami persiapkan dengan kemampuan cleaning dan service attitude yang memadai. Pengawasan adalah kunci sukses dari operasioanl kami. Kami mampu mengemas paket cleaning yang integrated dan kompetitif untuk memenuhi kebutuhan perusahaan anda yang bergerak di : commercial offices, rumah sakit, apartment, hotel, banking dan financial, sekolah dan factory.

c). General Cleaning

Menjawab kebutuhan anda akan jsas layanan cleaning secara detail dan dalam waktu tertentu, kami persiapkan cleaner yang terpilih sehingga mampu memberikan layanan yang cepat dan detail. Jasa ini mepiluti : General Cleaning pasca project renovasi, Detail cleaning untuk private housing, Cuci sofa, Cuci Carpet dll.

 

d).Mobile Cleaning

Layanan ini kami persiapkan untuk Perusahaan yang memiliki asset property di berbagai tempat yang terpencar seperti ATM dan Outlet. Kami memberikan layanan cleaning secara rutin setiap hari dengan atau tanpa service operator yang standby. Team Mobile kami akan secara periodic membersihkan area anda dan mampu bekerja dengan professional.

 

e). Pest Control

Pengendalian dan penanganan pest secara terpadu yang meliputi pest dan rodent control serta sanitasi luar ruang. Layanan ini kami berikan terutama untuk klien yang telah memiliki contract cleaning dan landscaping.

 

8. PT INFOMEDIA NUSANTARA

 INFOMEDIA

          PT Infomedia Nusantara merupakan sebuah perusahaan pada Telkom Group yang mengkhususkan diri di bidang media penerbitan dan iklan sebagai jembatan komunikasi antar pelaku bisnis dan juga saluran informasi bagi pelanggan telepon Telkom. 51% sahamnya dimiliki langsung oleh Telkom, dan 49% sisanya dimiliki oleh anak perusahaan Telkom yang lain, Multimedia Nusantara.

        Tahun 1975 merupakan awal perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara menjadi perusahaan pertama penyedia layanan informasi telepon di Indonesia. Dibawah subdivisi Elnusa GTDI dari anak perusahaan Pertamina, Infomedia telah menerbitkan Buku Petunjuk Telepon Telkom Yellow Pages. Perkembangan yang tercatat selanjutnya adalah berdirinya PT Elnusa Yellow Pages pada tahun 1984 yang berubah nama pada tahun 1995 menjadi PT Infomedia Nusantara pada saat Telkom menanamkan investasi. Saat ini Infomedia telah berkembang menjadi 3 (tiga) pilar bisnis untuk memenuhi besarnya tuntutan masyarakat akan jasa informasi. Layanan Direktori merupakan pilar pertama yang akan menjadi bukti kematangan usaha Infomedia dalam bisnis jasa penyedia informasi melalui penerbitan Buku Petunjuk Telepon (BPT), baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Layanan Contact Center menyediakan jasa outsourcing untuk aktivitas pemasaran maupun peningkatan kualitas layanan hubungan antara mitra Infomedia dengan pelanggannya. Layanan Konten yang terfokus pada penyediaan data sesuai dengan kebutuhan mitra dan pelanggan.

       Dalam perkembangan berikutnya, Infomedia juga mengembangkan bisnisnya sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang contact center. Beberapa klien Infomedia yang menggunakan jasanya di bidang contact center adalah call center Telkomsel dan Bank BJB.